Program Indonesia Pintar (PIP) SD/SMP 2018 Kabupaten Cilacap

CILACAP – Presiden Republik Indonesia melalui Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2014 telah menginstruksikan kepada Menteri, Kepala Lembaga Negara dan Kepala Pemerintah Daerah untuk melaksanakan Progran Keluarga Produktif melalui Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS), Program Indonesia Sehat (PIS) dan Program Indonesia Pintar (PIP). Pencapaian tujuan tersebut diperlukan langkah langkah proaktif lembaga dan institusi terkait sesuai dengan tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing secara terkoordinasi daan terintegrasi untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi program untuk mencapai tujuan.

Pemerintah  Kabupaten Cilacap  telah berupaya mendukung gerakan penanggulangan kemiskinan khususnya dalam bidang pendidikan sebagaimana tertuang dalam Peraturan Daerah Kabupaten Cilacap Nomor 23 Tahun 2018 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kabupaten Cilacap Tahun 2005 – 2025. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan pemberian beasiswa bagi siswa dari keluarga kurang mampu.

Dalam mendukung program pemerintah melaksanakan Program Indonesia Pintar, Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Pendidikan  dan Kebudayaan  telah memprogramkan kegiatan Pendampingan Program Indonesia Pintar  (PIP) bagi SD dan SMP yang bertujuan untuk mendukung program pemerintah yakni capaian Angka Melanjutkan Sekolah bagi siswa.  Program Indonesia Pintar diharapkan mampu menjamin peserta didik dapat melanjutkan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah dan menarik siswa putus sekolah atau tidak melanjutkan pendidikan agar kembali mendapatkan layanan pendidikan.

Siswa penerima PIP Kabupaten Cilacap Tahun 2017/2018 adalah

  1. SD       : 89.760 siswa
  2. SMP    : 39.836 siswa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *