Bimtek Pelaporan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SD Dan SMP Negeri Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap

CILACAP – BOS adalah program pemerintah yang pada dasarnya adalah untuk penyediaan pendanaan biaya operasi nonpersonalia bagi satuan pendidikan dasar sebagai pelaksana program wajib belajar. Program BOS bertujuan untuk meringankan beban masyarakat terhadap pembiayaan pendidikan dalam rangka wajib belajar 9 tahun yang bermutu. Sasaran program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) adalah semua SD dan SMP, SMA/SMK dan SDLB/SMPLB/SMALB/SLB. Waktu penyaluran Dana BOS dilakukan setiap triwulan, yaitu Januari-Maret, April-Juni, Juli-September, dan Oktober-Desember.

Pengelolaan BOS menggunakan Manajemen Berbasis Sekolah yang dimana BOS dikelola oleh SD/SDLB/SMP/SMPLB dengan menerapkan Manajemen berbasis Sekolah yang memberikan kebebasan dalam melakukan perencanaan, pengelolaan dan pengawasan program yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan sekolah.

Untuk menjamin kualitas Pelaporan dan Penatausaan BOS bagi tiap sekolah, harus merujuk pada Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Nomor 1 Tahun 2018 dalam pengelolaannya, sekolah harus menyusun pembukuan secara lengkap sesuai dengan standar pengelolaan pendidikan dan ketentuan perundang-undangan tentang penatausahaan dan pertanggung jawaban lembaga pengelola keuangan. Adapun pembukuan dan dokumen pendukung yang harus disusun yaitu berupa Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). RKAS harus dilengkapi dengan rencana penggunaan dana secara rinci, yang dibuat tahunan dan triwulan untuk setiap sumber dana yang diterima sekolah.

Hal ini  merujuk pula pada surat edaran (SE) Mendagri Nomor 910/106/SJ tentang Juknis Penganggaran, Pelaksanaan dan Penatausahaan serta Pertanggungjawaban Dana BOS yang diselenggarakan oleh Kabupaten/Kota pada APBD, bahwa Dana BOS merupakan dana transfer dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Provinsi yang penyalurannya dilakukan melalui pemindahbukuan dari Rekening Kas Umum Negara yang selanjutnya disebut RKUN ke Rekening Kas Umum Daerah yang selanjutnya disebut RKUD Provinsi, dalam teknisnya disampaikan pula bahwa berdasarkan alokasi Dana BOS yang diterima, Kepala Satuan Pendidikan Negeri menyusun rencana kegiatan dan anggaran sekolah yang selanjutnya di sebut RKAS Dana BOS yang memuat rencana belanja Dana BOS. Dalam hal ini Setiap Satuan Pendidikan Di Sekolah SD dan SMP Negeri sudah melakukan pembukuan RKAS menggunakan Sistem Informasi Keuangan Daerah (Simda Keuangan).

Bimtek Penatausaan Pelaporan BOS SD dan SMP Negeri di Kabupaten Cilacap dilakukan sebagai kegiatan selanjutnya setelah sekolah melakukan pembukuan di RKAS. Bimtek dilaksanakan pada tanggal 8 – 12 Oktober 2018 bertempat di Hotel Fave Cilacap dengan peserta Bendahara/Operator Sekolah SD dan SMP Negeri. Narasumber kegiatan Bimtek diantaranya adalah Bobby Rizka (Staf Bidang Akuntansi Badan Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah), Munita (Staf Bidang Akuntansi BPPKAD).  Bimtek penatausahaan pelaporan BOS dilakukan untuk mewujudkan pengelolaan keuangan di sekolah secara tertib, efisien dan efektif, serta untuk menghindari permasalahan hukum yang timbul di kemudian hari.

Kegiatan Bimtek dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap Bapak Warsono SH.,M.Hum. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa dalam pelaksanaan penatausahaan pelaporan BOS SD dan SMP Negeri di Kabupaten Cilacap harus berdasarkan pada aturan yang berlaku yaitu petunjuk teknis pelaporan BOS nomor 1 tahun 2018 dan kemudian berdasar pada Surat Edaran mendagri nomor 910/106/SJ tentang juknis penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan serta pertanggung jawaban Dana BOS. Agar dalam prosesnya nanti Sekolah dapat menyusun pelaporan secara efektif dan efisien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *