Peringatan Hari Aksara Internasional Tahun 2017 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap

CILACAP-Hari Aksara Internasional telah ditetapkan untuk diperingati pada tanggal 8 September melalui Konferensi Umum UNESCO pada tanggal 26 Oktober 1966. Sejak penyelenggaraan HAI pertama pada tahun 1966, acara terus dilakukan oleh dunia setiap tahun sebagai wujud memajukan agenda keaksaraan di tingkat global, regional, dan nasional.

Peringatan HAI yang dirayakan seluruh warga dunia merupakan kesempatan bagi pemerintah dan seluruh masyarakat untuk menyoroti peningkatan tingkat melek huruf di dunia, dan merenungkan tantangan keaksaraan yang tersisa di dunia.

Tema HAI tahun ini yang diusung oleh UNESCO adalah ”Literacy in a Digital World”.

Pemerintah Kabupaten Cilacap melaui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap turut serta menyelenggarakan Peringatan Hari Aksara Internasional pada tahun ini dengan mengusung tema “Membangun Budaya Literasi Dalam Era Digital” dengan tujuan :

  1. Untuk mempromosikan keaksaraan sebagai alat untuk memberdayakan individu, komunitas dan masyarakat;
  2. Untuk memberdayakan dan memfasilitasi Lembaga Mitra Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam menunjukkan eksistensinya sebagai lembaga yang berkualitas;
  3. Sebagai ajang pemberian motivasi dalam rangka mendukung belajar sepanjang hayat;
  4. Untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang literasi digital.

Waktu Penyelenggaraan pada tanggal 17 s.d 19 Oktober 2017 bertempat di Gedung PGRI “DWIJALOKA” Jl. Kalimantan Cilacap dengan peserta yaitu Satuan PNF Kabupaten Cilacap, Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Taman Bacaan Masyarakat (TBM), HIMPAUDI, IGTKI dan UMKM.

Peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) untuk  tahun ini diisi dengan kegiatan Pameran Produk Unggulan Lembaga Mitra Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap, Lomba Senam Maumere bagi Guru PAUD, Lomba Baca Puisi bagi Siswa Kejar Paket A dan siswa SD serta Lomba Pidato Bahasa Inggris bagi Siswa Kejar Paket B, Paket C dan Siswa SMP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *